Mahasiswa UGM ciptakan KUBIDIK


Mahasiswa UGM ciptakan KUBIDIK, Inovasi media edukasi klasifikasi kodifikasi penyakit

Salah satu kompetensi utama seorang perekam medis informasi kesehatan (PMIK) adalah tepat dalam memberikan kode diagnosis. Maka akurasi dalam pemberian kode perlu diperhatikan, salah satunya untuk mengurangi adanya kerugian dari segi finansial pada fasilitas layanan kesehatan. Namun, pembelajaran terkait pemahaman materi pengkodean penyakit masih dianggap sulit oleh mahasiswa, terutama pada bab 15 ICD 10 tentang Kehamilan, Kelahiran dan Nifas.

Fakta inilah yang kemudian membuat 3 mahasiswa UGM yakni Yunia Rachmi (Rekam Medis Informasi Kesehatan 2017), M. Syaiful Huda (Elektronika Instrumensi 2017) dan Nida Nur Aulia (Rekam Medis Informasi Kesehatan 2017) untuk membuat media edukasi menarik, unik dan simpel yang diberi nama KUBIDIK.
KUBIDIK ini menurut Yunia Rachmi merupakan media pembelajaran yang bertujuan untuk mempermudah mahasiswa maupun PMIK dalam mengkode diagnosis edisi kehamilan, kelahiran dan nifas. Konten yang disajikan memuat pemahaman dasar terkait terminologi medis, teori pengantar koding, rangkuman ICD 10 volume 1,2 dan 3 serta dilengkapi dengan contoh kasus.
“Pemesanan bisa dilakukan dengan mengirim format pemesanan Nama_Alamat_Jumlah Pesana_No.Hp ke 081221981381” kata Yunia.


        Lebih lanjut Yunia menjelaskan beberapa keunggulan produk KUBIDIK. “KUBIDIK dibuat menggunakan bahan dasar kayu berbobot ringan berukuran 6x6x6cm sehingga memiliki mobilitas tinggi untuk dibawa dan telah menggunakan stiker berbahan vinyl agar tahan air” jelasnya
KUBIDIK sebagai salah satu produk media edukasi berbasis kesehatan telah dipasarkan secara offline dan online melalui media sosial Instagram @kubidik.ugm, facebook kubidik ugm, line dan whatsapp. Satu buah KUBIDK dapat diperoleh dengan harga Rp45.000,00 dan khusus pembelian 3 buah memperoleh harga khusus hanya Rp125.000,00 (hemat Rp10.000,00).
LihatTutupKomentar

Recent

Comments

Subscribe Here

Popular